Senin, 04 Januari 2016

Makan saat lapar memang paling nikmat

(This is not a health articel. I'm not a medical practitioner too. I just wanna share something. I hope this is can make your life better)

Sering berpikir begini, "rasanya mau makan apa ya?". Atau seperti ini, "Gak teralu lapar, tapi pengen nyamil apa ya?". Atau ini, "Makan nasi teralu berat, tapi masih lapar, makan apa ya?".

Cukup menyebalkan bukan, karena selain kita harus repot mencari-cari kecocokan antara keinginan kita dan ketersediaan supply makanan yang ada, tapi juga kadang bisa tidak ramah dengan kondisi keuangan kita. Coba bayangkan, selain ada 3 kali makan sehari, kita juga harus menganggarkan untuk 2-3 kali makanan ringan. Kalau misal makanan ringan yang kita konsumsi berharga murah seperti bakso, keripik, dll tentu tidak jadi masalah. Tapi kalau kita sedang kepingin sekali makan tiramissu, pizza, dll, bayangkan saja sendiri. Padahal jika didistribusikan secara baik dan benar, anggaran makanan ringan tadi bisa untuk membeli makanan berat yang cukup enak dan mengenyangkan. Kita belum bicara masalah kalori dan kelebihan asupan gizi di sini ya..

Ini semua terjadi karena perut sebenarnya sudah cukup terisi makanan hanya keinginan makan kita masih ada. Jadi sebenarnya bukan berkaitan kebutuhan asupan gizi kita, tapi lebih berkaitan dengan keinginan atau biasanya sering disebut sebagai lapar mata. Dan sejujurnya hal ini sering menimbulkan permasalahan tersendiri yang menunggu untuk diatasi.

Padahal bandingkan saat kita benar-benar lapar. Maksud saya lapar di sini adalah ketika perut dikondisikan tidak menerima kalori apa-apa dalam beberapa waktu. Contohnya saat berpuasa.

Coba ingat lagi, pada saat anda makan dalam kondisi benar-benar lapar, sempatkah anda untuk memilih-milih makanan? Anda akan lebih berkonsentrasi untuk mengatasi rasa lapar anda bukan? Dan coba ingat-ingat lagi, bahkan untuk makanan yang sebenarnya tidak anda sukai, anda tetap makan bukan? Rasanya saya yakin akan tetap enak bukan?

Kalau dalam kasus ini, makanan yg anda tidak sukai diganti dengan makanan sehat, dampaknya akan lebih baik bukan? Anda juga tidak perlu khawatir akan pos anggaran yang harus dikeluarkan untuk membeli tiramissu dan pizza lagi.

Apalagi saat ini juga telah dibuktikan bahwa olahraga saat perut kosong, juga bisa menjadi lebih baik daripada saat perut terisi makanan.

Menunda waktu makan sampai pada saat kita benar-benar lapar menjadikan makan kita jauh lebih nikmat.

Foto dibawah ini adalah saya.. Ya saya adalah seorang ocdivers.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar