Sabtu, 07 Februari 2015

Sekelumit tentang moral..

Kita tidak bisa mendasarkan keputusan tertentu dengan hanya beralaskan moral. Moralitas selalu bisa dipertanyakan dan menurut saya bahkan wajib untuk dipertanyakan. Salah satunya dengan jalan etika (etika eudemonisme, etika kewajiban, etika kepedulian, etika jawa, dll).  

Moralitas memang pada in se sebenarnya sudah jelas dan baik, tetapi akan (menurut saya bahkan selalu) cemar jika sampai pada tahap di manusianya. Penyebabnya bisa karena motif politik dan ekonomi atau tidak tuntasnya manusia akan moralitas itu
 
Moralitas menurut saya tetap bisa dipakai sebagai sumber diambilnya keputusan (salah satunya bisa pula dipakai sebagai sumber hukum), tetapi moralitas itu harus terlebih dahulu harus dipertanyakan motif dan metodenya untuk meminimalkan polutan-polutan tadi, sebelum digunakan sebagai dasar dalam mengambil keputusan dan bertindak.
 
Tetapi menurut saya kok agak tidak sepakat ya untuk tidak lagi menggunakan moralitas. Disamping memang dalam beberapa kasus bahwa moralitas berhubungan (ini-pun harus dijelaskan lebih dalam) dgn tindak kekerasan, tetapi tidak pula kita bisa memungkiri bahwa karya-karya kemanusiaan besar dunia, keajaiban cinta manusia, kemenangan besar manusia akan penindasan (contohnya pemukim reduksi GuaranĂ­ di Paraguay), dan sifat kemuliaan manusia lainnya, adalah juga peran moralitas yang tidak bisa kita tutup sebelah mata.

Sekali lagi saya kok masih percaya dengan moralitas , hehehe.. salam damai..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar